Pemerintah Desa Sawahan & SOS CV Gelar Pelatihan Kader Yandu

Riskianto, A.Md. 18 April 2018 12:28:16 WIB

Sawahan (SIDA) – Jumat siang (13/04) Pemerintah Desa Sawahan bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat SOS CV melaksanakan pelatihan kepada Kader Yandu Desa Sawahan untuk mendorong masyarakat memiliki wawasan pola pengasuhan anak yang baik dan benar.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh perwakilan Kader Yandu dari masing-masing Padukuhan dengan narasumber dan edukator dari SOS CV yang memang fokus kepada pola asuh keluarga. Pola asuh yang baik dan benar diharapkan akan mendorong anak usia dini dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Selama ini kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) di Desa Sawahan sebagai motor kegiatan pengasuhan di Posyandu tidak berjalan baik karena berbagai alasan, diantaranya ketidakpahaman materi yang akan disampaikan oleh kader dan juga Sumber Daya Manusia Kader BKB yang sangat terbatas.

Posyandu biasanya hanya diisi dengan kegiatan penimbangan Berat Badan dan pengukuran Tinggi Badan, Lingkar lengan, dsb. Belum pernah disampaikan materi pengasuhan kepada para ibu di masyarakat. Selain itu kondisi posyandu juga belum ramah kepada balita, masih banyak penjaja makanan yang tidak sehat ketika pelaksanaan Posyandu.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada Kader Yandu tentang pola asuh keluarga sehingga informasi tersebut dapat didistribusikan kepada masyarakat di masing-masing Padukuhan, selanjutnya informasi dan pengetahuan tersebut dapat diimplementasikan di masyarakat sehingga derajat kesehatan dan kesejahteraan keluarga dapat diwujudkan. (Ari Indarti)

Foto: Ari Indarti

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM