Desa Sawahan Meraih Penghargaan Website Desa Terbaik di Kabupaten Gunungkidul

Riskianto, A.Md. 23 April 2018 10:51:10 WIB

Sawahan (SIDA) – Pengelolaan Sistem Informasi Desa (SIDA Samekta) di Desa Sawahan sejak tahun 2016 dinilai cukup progresif. Website Desa Sawahan selalu update informasi terkait dengan isu-isu desa, baik informasi Pemerintahan, pelaksanaan kegiatan Pemerintahan Desa, dan layanan publik yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat.

Pengelolaan website cukup konsisten dengan updating berita yang faktual. Inovasi-inovasi juga muncul di dalam website desa. Setiap masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya yang akan ditampilkan di kolom “Aspirasi Warga”. Selain itu munculnya “Temathic Maps (T-Maps)” sebagai informasi berbasis geografi cukup menjadi nilai plus tampilan website Desa Sawahan.

Perjalanan menuju 2 tahun website desa Sawahan cukup membawa progress yang baik bagi Desa Sawahan yang secara geografis tidak beruntung berada di ujung timur laut wilayah Kabupaten Gunungkidul. Desa Sawahan berada di pelosok wilayah Kecamatan Ponjong dengan lokasi yang susah menerima sinyal baik seluler maupun data. Banyak wilayah blank-spot di wilayah Desa Sawahan.

Namun kondisi tersebut tidak mematahkan semangat Desa Sawahan untuk berkompetisi dalam pengelolaan SIDA Samekta. Dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan pengelola, Perangkatdan Lembaga Desa, masyarakat Desa Sawahan, dan pihak ketiga yang turut website Desa Sawahan berada di jajaran depan dalam pengelolaan SIDA Samekta di Kabupaten Gunungkidul.

Pada tahun 2018 ini Desa Sawahan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui penghargaan sebagai website Desa terbaik di Kabupaten Gunungkidul.

Semoga hal tersebut tidak membuat jumawa Desa Sawahan dalam pengelolaan Sida Samekta. Semangat dalam distribusi informasi melalui website adalah substansi pokok pengembangan SIDA Samekta di Desa Sawahan. Penghargaan dan sejenisnya adalah bonus atas upaya tersebut dan bukan menjadi tujuan utama karena tujuan utama adalah membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Semoga prestasi ini dapat menambah motivasi dan semangat juang Kepala Desa, Perangkat Desa, Lembaga Desa dan dukungan dari masyarakat serta pihak lainnya yang turut serta dalam pengembangan SIDA Samekta di Desa Sawahan ini sehingga website desa bisa lebih baik lagi. (rizkya)

Foto: Yoga

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM