Pemutakhiran Data Kemiskinan Terus Diupayakan, Hasilnya?

Riskianto, A.Md. 01 Mei 2018 12:04:22 WIB

Sawahan (SIDA) – Bantuan Pangan Non Tunai sudah mulai dilaksanakan sejak akhir April 2018 kemarin walaupun banyak kendala yang terjadi di lapangan diantaranya kesiapan agen penyalur yang tidak siap serta data penerima manfaat atau KPM yang tidak sesuai dengan hasil Musdes.

Riskianto, A.Md., Kasi Pelayanan Desa Sawahan menjelaskan bahwa Pemerintah Desa sampai saat ini belum menerima data KPM BPNT. Pemerintah Desa hanya menerima tembusan surat dari Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul bahwa BPNT sudah dilaksanakan dan menghimbau kepada masyarakat agar segera mengambil BPNT di agen yang telah ditunjuk oleh Bank Mandiri selaku bank penyalur bantuan.

Selain itu, Dinas Sosial juga memberikan himbauan kepada Pemerintah Desa agar melakukan perbaikan data KPM BPNT dan Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin (DT PPFM) secara periodik agar lebih relevan dengan kondisi sesungguhnya di masyarakat.

Pertanyaannya, Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Data kemiskinan selama ini yang dilaksanakan desa kemana?

Perlu evaluasi bersama agar upaya-upaya yang dilaksanakan bisa berhasil sesuai harapan. Sudah seharusnya sinkronisasi data dan instrumen dalam Pemutakhiran data kemiskinan dilakukan mulai dari Pemerintah Desa sampai dengan Pemerintah Pusat agar program-program yang berjalan bisa berjalan optimal. Jangan sampai desa selalu disudutkan dan dikambinghitamkan pada saat program berjalan tidak tepat sesuai sasaran. (rizkya)

Foto: Berita Bulog

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Talkshow Smart FM